About We

Foto Saya
palembang, sumatera selatan, Indonesia

Jumat, 02 Oktober 2009

RPP matematika kelas 7 SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)

SEKOLAH : SMPN ............
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VII/1 (SATU)

Standar Kompetensi :
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan
Masalah.

Kompetensi Dasar :
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator :
1. Memberikan contoh bilangan bulat
2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
3. Melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
4. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat

Alokasi Waktu : 4 Jam Pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat
2. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
3. Siswa dapat melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran
4. Siswa dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat

B. Materi Ajar
1. Jenis-jenis bilangan bulat
2. Garis bilangan
3. Operasi pada bilangan bulat
4. Pangkat dua (kuadrat) dan pangkat tiga

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi dan tanya jawab

D. Langkah-Langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

PENDAHULUAN
1. Apersepsi
Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan pengetahuan awal siswa/
materi prasyarat.
2. Motivasi
Guru menyampaikan manfaat bilangan bulat seperti mencatat perubahan suhu udara,
Mencatat penurunan berat badan dll.


KEGIATAN INTI
1. Guru menyajikan pengetahuan deklaratif tentang cara menulis suhu di atas dan di
bawah nol derajat.
2. Guru menyajikan pengetahuan prosedural tentang prosedur menggambar bilangan
bulat pada garis bilangan
3. Guru mengecek pemahaman siswa
4. Guru menjelaskan himpunan bilangan bulat dan lambangnya dilanjutkan dengan
penjelasan tentang lawan dari suatu bilangan bulat.
5. Siswa mengerjakan soal no dalam LKS
6. Guru perlu memastikan bahwa +4 dan 4 adalah bilangan yang sama, bahwa untuk
menuliskan suatu bilangan positip tanda + tidak perlu dituliskan
7. Guru mengecek pemahaman siswa
8. Guru menyajikan pengetahuan deklaratif tentang perlunya membandingkan beberapa
bilangan bulat
9. Guru menjelaskan prosedur membandingkan dua bilangan bulat yang diketahui
dengan menggambar garis bilangan.
10. Guru membahas soal no bersama siswa (lihat penilaian).
11. Guru mengecek pemahaman siswa
12. Guru membahas soal no bersama siswa (lihat penilaian).
13. Guru membagikan LKS untuk dikerjakan siswa.

PENUTUP
1. Guru bersama-sama siswa merangkum materi yang telah dibahas
2. Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk dibahas serta memberi
umpan balik terhadap jawaban siswa.

PERTEMUAN KEDUA

PENDAHULUAN
1. Apersepsi : Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan pengetahuan
awal siswa.
2. Motivasi : Guru menjelaskan pentingnya materi ini untuk memahami materi
selanjutnya dan manfaat dalam membantu mempermudah
penyelesaian perhitungan kehidupan sehari-hari.
KEGIATAN INTI
1. Guru mengecek pemahaman siswa dalam operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat.
2. Siswa secara berkelompok (4 -5 orang) mengerjakan LKS. Guru memonitor kerja siswa, memberi motivasi untuk bekerja sama dan memberikan bantuan seperlunya.
3. Guru mengecek pemahaman siswa terhadap pengertian pecahan, pecahan sederhana dan pecahan campuran yang telah diterima.
4. Siswa secara berkelompok (4 - 5 orang) mengerjakan LKS. Guru memonitor kerja siswa, memberi motivasi untuk bekerja sama dan memberikan bantuan seperlunya.
5. Guru memberikan waktu pada siswa untuk mendiskusikan secara bersama0sma soal yang dianggap sulit (jika ada).
6. Guru membahas sifat komutatif, asosiatif, tertutup. Guru beserta siswa melakukan penguatan akan pengertian sifat-sifat tsb.
7. Guru membahas sifat perkalian bilangan yang bertanda sama dan tidak sama, kemudian juga dibahas tentang pembagian.
8. Guru dan siswa membahas soal no (lihat penilaian)
9. Guru membagikan LKS untuk dikerjakan oleh siswa

PENUTUP
1. Guru bersama-sama siswa merangkum materi yang telah dibahas
2. Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang telah dibahas serta memberikan umpan balik terhadap jawaban siswa.
3. Guru memberikan pekerjaan rumah yang diambil dari buku paket.

E. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Buku paket, LKS, termometer dan penggaris

F. PENILAIAN

1. Teknik : Tes dan Penugasan
2. Bentuk Instrumen : Tes tertulis bentuk isian singkat dan uraian
3. Contoh Instrumen :

a. Suhu udara dipagi hari -10 C. Setelah siang hari, suhu udara menjadi 11 C.
Besar perubahan suhu udara adalah...
b. Diketahui bilangan -3, 0, 7 dan 9. Tulislah bilangan-bilangan tersebut dalam
garis bilangan.
c. Hitunglah :
1. 2 + (-5) = .....
2. -3 – (-6) = ....
3. 3 ¼ + 5/8 = ....
d. Tentukan nilai p, jika  p + 1,5 = 4






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP ...............
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (tujuh) / 1 (satu)


Standar Kompetensi : 2. Memahami bentuk Aljabar, Persamaan dan pertidaksamaan linear Satu Variabel

Kompetensi Dasar : 2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

Indikator : Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan
suku sejenis.

Alokasi waktu : 2 x 40 menit (1 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :
1.Siswa dapat menyebutkan pengertian bentuk aljabar
2.Siswa dapat menentukan variabel pada bentuk aljabar
3.Siswa dapat menentukan koefisien pada bentuk aljabar
4.Siswa dapat menentukan konstanta pada bentuk aljabar
5.Siswa dapat menentukan faktor dari bentuk aljabar
6.Siswa dapat menentukan suku dan suku sejenis bila diberikan bentuk aljabar

B. Materi Ajar:
Bentuk Aljabar

C. Metode Pembelajaran:
Kombinasi ceramah tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan:
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali tentang bilangan bulat..
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

E. Kegiatan Inti
1. Dengan berdialog/tanya jawab siswa diarahkan ke pengertian bentuk aljabar.
2. Dengan Tanya jawab ,diskusi siswa diarahkan kepengertian koefisiaen, variabel, dan konstanta dengan memisalkan nama benda dengan salah satu huruf sebagai pengertian variabel, banyak benda sebagai pengertian koefisien.
3. Siswa diberi pertanyaan lisan untuk menyebutkan mana yang merupakan variabel, dan mana yang merupakan konstanta.
4. Siswa diingatkan kembali tentang faktor-faktor suatu bilangan bulat.
5. Dengan bekal pengetahuan tentang faktor-faktor suatu bilangan bulat tersebut siswa dibimbing untuk menentukan faktor-faktor bentuk aljabar pada suku satu atau lebih.
6. siswa diberi pertanyaan secara lisan mengenai nama suku (sesuai banyaknya suku), faktor bentuk aljabar, dan menyebutkan suku-suku yang sejenis.


Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas PR.


F. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, buah-buahan/ model buah

G. Penilaian
Teknik : Tes Lisan dan tulisan
Bentuk Instrumen : Pertanyaan Lisan dan tulisan


Contoh Instrumen :

1. Berikut ini manakah yang disebut dengan bentuk aljabar 3 x 4 dan 4 x a
2. Dari bentuk aljabar 3a + 5 , manakah yang merupakan
a.variabel
b.konstanta dan
c.koefisien

3. Tentukan faktor-faktor dari :
a. 4x
b. 5x2
c. 3(2a – 5)

3. Tentukan suku-suku sejenis pada bentuk aljabar berikut ini :
a. 3m + 2n – 7m + 13
b. 4x – 2xy + 3y – x + xy






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SEKOLAH : SMP .................
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS / SEMESTER : VII ( Tujuh ) / 1 (Satu )

Standar Kompetensi : Memahami bentuk aljabar,persamaan dan pertidak samaan linier satu variabel
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel

Indikator : 1. Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel.
: 2. Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas
ditambah, dikurang, dikalikan atau dibagi dengan bilangan
yang sama.
3. Menentukan penyelesaian PLSV

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 pertemuan ).

A.Tujuan Pembelajaran

• Siswa dapat mengenal bentuk persamaan linier satu peubah dalam berbagai Variabel.
• Siswa dapat menentukan bentuk setara dari suatu PLSV, dengan cara kedua ruas ditambah, dikurang, dikali, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
• Siswa dapat menentukan penyelesaian PLSV

B. Materi Ajar
1. Mengenal bentuk persamaan linear satu peubah dalam berbagai Variabel :
- Pernyataan.
- Konstanta
- Variabel
2. Penyelesaian persamaan Linear satu Variabel ( PLSV).

C. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok, ceramah.

D. Langkah-langkah Kegiatan.

Pertemuan pertama
a. Pendahuluan :
Apersepsi : - Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Siswa diingatkan kembali tentang pengertian konstanta,variabel dan
Koefisien.
.Motivasi : diinformasikan kepada siswa tentang kegunaan materi ini dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

b. Kegiatan Inti :

a. Dengan metode Tanya jawab dibahas bentuk-bentuk persamaan linear Satu peubah dengan berbagai variabel.
b. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang dibuat guru serta guru membimbingnya.
c. Dengan metode Tanya jawab siswa dibimbing untuk menentukan bentuk Setara dari suatu PLSV dengan penambahan,pengurangan,perkalian, dan pembagian dengan bilangan yang sama.
d. Dengan menggunakan contoh siswa dibimbing untuk menyelesaikan suatu PLSV dari soal yang disiapkan guru.
e. Siswa mengerjakan soal-soal latihan pada buku teks.

c. Penutup :
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman .
b. Siswa dan guru melakukan refleksi.
c. Guru memberikan tugas ( PR ).

Pertemuan Kedua

Pendahuluan :
Apersepsi : - Mengingat kembali tentang bentuk PLSV
- Mengingat kembali bentuk setara dari PLSV
Motivasi : diinformasikan kepada siswa tentang kegunaan materi ini dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kegiatan Inti :
a. Dengan metode Tanya jawab dibahas penyelesaiaqn dan bukan penyelesaian
PLSV.
b. Siswa mengerjakan tugas latihan tentang penyelesaian dan bukan penyelesaian .
c. Dengan diskusi dibahas tentang PLSV dan sifat-sifat PLSV.
d. Siswa mengerjakan soal-soal latihan pada buku teks dan guru membimbingnya.
e. Siswa mempresentasikan hasil latihan di depan kelas serta siswa lain menanggapinya.

Penutup :
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman .
b. Siswa dan guru melakukan refleksi.
c. Guru memberikan tugas ( PR ).

E. Alat dan Sumber Belajar
• Buku teks.

F. Penilaian
• Teknik : tes
• Bentuk instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis

• Contoh Instrumen :

Kerjakan setiap soal berikut :

1.Manakah diantara bentuk berikut yg merupakan PLSV :
a. 2x²-5 = 0
b. 3-4x = 7
c. 2x-3 = 5y
d. 4+2x = 6-x
e. 3xy = 6+x

2.Buatlah bentuk setara dari PLSV berikut dan sederhanankan !
a. 3x-5 = 5 , Kedua ruas ditambah 5
b. 6-7x = -1 , Kedua ruas dikurangi 6
c. 2/3x = 9 , Kedua ruas dikalikan 3
d. 5x = 10 , Kedua ruas dibagi

3.Tentukan penyelesaian setiap persamaan berikut dengan cara menambah atau mengurangi kedua ruas persamaan dengan bilangan yang sama :
a. x + 6 = 11
b. x – 8 = 12
c. 2n = n -5
d. 5 p = 6 + 4 p





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP..........
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Smt : VII/1

Standar Kompetensi :
3. Menggunkan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar :
3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmeika sosial yang sederhana

Indikator :
1. Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit dan nilai sebagian
2. Menentukan besar dan persentase untung, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

Alokasi waktu : 4 X 40 menit ( 2 pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat memahami arti nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian
2. Siswa dapat menentukan nilai untung , rugi , harga jual dan harga beli dalam kegiatan ekonomi
3. Siswa dapat menentukan persentase untung, rugi
4. Siswa dapat menentukan nilai bruto, tara(rabat), dan netto
5. Siswa dapat menentukan besar cicilan untuk kredit dengan bunga tunggal
B. Materi Ajar :
Aljabar, aritmetika sosial
C. Metode Pembelajaran
1. Metode Pembelajaran : Pemberian tugas ,Pembelajaran Cooperative
2. Metode : Diskusi dan tanya Jawab dan STAD
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan pertama
Pendahuluan
Apersepsi
1. Menyampaikan tujuan yang akan dicapai setelah proses pembelajaran
2. Mengingatkan KKM yang harus dicapai
3. Menyampaikan model pembelajaran yang digunakan
Motivasi : Dalam dunia bisnis dan bank erat kaitannya dengan perhitungan persentase
Kegiatan inti :
1. Siswa dikelompos kkan 4 – 5 orang
2. Masing-masing kelompok diberikan tugas mengerjakan soal nilai keseluruhan atau per-unit
3. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
4. Guru mengarahkan jawaban yang benar
5. Melalui peragaan jual beli dari masing-masing kelompok untuk memahami konsep untun, rugi, harga jual harga beli

Penutup
a. Siswa diarahkan membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Siswa diberikan tugas PR
Contoh Instrumen
1. Arman membeli air minum kemasan gelas sebanyak 2 dus, tiap dus berisi 48 kemasan gelas. Jika Arman membayar dengan harga Rp.26.400,00. maka tentukan harga untuk satu gelas air minum tsb
2. Seorang pedagang membeli 15 lusin buku tulis seharga Rp 171.000,00 kemudian buku tersebut ijual dengan harga Rp.950 per buah .Jika semua buku habis terjual tentukanlah:
a. Untung atau rugi
b. Persentase untung /rugi jika untung /rugi
3. Jika Angi menjual hanponnya dengan harga Rp 325.000,00 maka Angi mendapakan untung 10%. Berapakah harga beli hanpon Angi tsb
Pertemuan kedua
Pendahuluan
Apersepsi :
1. Membahas PR
2. Menyampaikan tujuan yang akan dicapai setelah proses pembelajaran
3. Menyampaikan model pembelajaran yang digunakan
Kegiatan inti :
1. Siswa dikelompokkan 4 – 5 orang
2. Melalui diskusi kelompok dan tanyab guru mengarahkan pengertian Bruto, Netto Tara, rabat/diskon
3. Melalui diskusi dan tanya jawab guru mengarahkan perhitungan sederhana tentang kredit dengan bunga tunggal
Penutup
1. Siswa membuat rangkuman
2. Siswa dan guru membuat refleksi
3. Guru memberikan tugas PR
Contoh Instrumen
1. Seorang anggota Koperasi MURAH HATI meminjam uang sebesar Rp.1.500.000,00 dengan bunga 2% perbulan. Berapakah besar angsuran setiap bulannya bila akan dicicil selama satu tahun
2. Anton membeli sepasang sepatu sehrga Rp120.000,00 dan mendapat discon 20% Berapakah jumlah uang yang harus dibayar Anton?





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP .................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (tujuh) / 2 (dua)


Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn
Dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : 4.3 Melakukan opersi irisan, gabungan, kurang (diferent) dan komplemen pada himpunan

Indikator : 4.3.1 Menjelaskan pengertian irisan dua himpunan
4.3.2 Menjelaskan pengertian gabungan dua himpunan
4.3.3 Menentuakan irisan dua himpuanan
4.3.4 Menentukan gabungan dua himpunan
4.3.5 Menjelaskan pegertian komplemen dari suatu himpunan
4.3.6 Menentukan komplemen dari suatu himpunan

Alokasi waktu : 3 x 40 menit (1 pertemuan )

A Tujuan Pembelajaran :
1. Mendiskusikan irisan dua himpunan
2. Mendiskusikan pengertian gabungan dua himpunan
3. Menuliskan irisan dua himpunan
4. Menuiskan gabungan dari dua himpuanan
5. Menuiskan opersi kurang (diferent) dari dua himpunan
6. Menuliskan notasi gabungan dua himpunan
7. Menyatakan notasi irisan dua himpunan
8. Dapat menentukan komplemen suatu himpunan


B.Materi Ajar:
- Irisan dua himpunan
- Gabungan dua himpunan
- Operasi kurang dari dua himpunan
- Komplemen suatu himpunan

C. Metode Pembelajaran:
Diskusi dan resitasi

D.Langkah-langkah kegiatan:

Pertemuan pertama
Pendahuluan :
Apersepsi : 1. Membahas PR
2. Menanyakan materi yang sudah dipelajari tetapi belum dipahami
Motivasi : Materi ini perlu dikuasi dengan baik sebagai dasar pada materi selanjutnya.


Kegiatan Inti
1Dengan berdiskusi dibahas pengertian irisan dari dua himpunan
2Dengan berdiskusi dibahas pengetian gabungan dari dua himpunan
3Siswa menentukan irisan dua himpunan melalui bimbingan guru
4Siswa menentukan gabungan dua himpunan melalui bimbingan guru
5Dengan berdiskusi dibahas cara menentukan operasi kurang dua himpunan

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas PR.

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, dan lingkungan

F. Penilaian
Bentuk Instrumen : tertulis
Contoh Instrumen :

1. Jika A = {x / 1 < x < 12, x € prima } dan
B = { x / 2 ≤ x <10, x genap} maka tentukan A B
2. Jika K = { x / x < 10, x prima} dan
L = { x / 5 ≤ x <12, x cacah}
Tentukan K L

Pertemuan kedua

Pendahuluan
Apersepsi : Membahas PR
Motivasi : Matei ini perlu dikuasai dengan baik sebagai dasar materi berikutnya

Kegiatan inti
a. Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
b. Dengan berdiskusi dibahas cara menentukan cara menentukan komplemen suatu himpunan

Penutup
a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas (PR)

Alat dan sumber belajar
Buku teks dan lingkungan

Penilaian
Teknik : Tes
Bentuk : Tertulis
Contoh instrumen

Diketehui S = { bilangan cacah antara 0 dan 10}
A = { bilangan ganjil yang kurang dari 8}
B ={bilangan prima kurang dari 8}

a. Buatlah diagram veen yang menggambarkan keadaan himpunan tersebut dengan terlebih dahulu menentukan anggota- anggotanya
b. Tentukan himpunan komplemen A dan komplemen B
Sebutkan anggota dari A B dan (A B)C





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP ...............
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (tujuh) / 2 (dua)


Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn
Dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : 4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

Indikator : 4.5.1 Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn dan konsep himpunan

Alokasi waktu : 2 x 40 menit (1 pertemuan )

A.Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menggunakan diagram venn untuk menyelesaikan masalah sehari- hari

B Materi Ajar:
Penerapan konsep Himpunan dalam pemecahan masalah

C Metode Pembelajaran:
Diskusi , Inkuiri dan resitasi

D Langkah-langkah kegiatan:
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali operasi pada Hipunan
Motivasi : Apabila materi inidapat dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu
siswa dalam menyelesaikan masalah sehari- hari

Kegiatan Inti
a. Dengan menggunakan metode diskusi siswa diminta kembali menggambar diagram venn dari gabungan atau irisan dua himpunan
b. Dengan metode resitasi siswa diminta untuk dapat membaca penyajian diagram venn sehingga dapat meny
c. Sebutkan hal- hal sbb:
1. Banyaknya anggota masing- masing Himpunan
2. Banyaknya anggota irisan dua himpunan
3. Banyaknya anggota gabungan dua Himpunan
4. Banyaknya anggota di luar kedua Himpunan
d. Dengan metode inkuiri siswa diarahkan untuk dapat menyelesaikan masalah dalam sehari- hari yang menggunakan diagram venn

Penutup
1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Siswa diberi tugas berupa PR




E Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, dan lingkungan

F. Penilaian
Teknik : tes
Bentuk Instrumen : tertulis


Contoh Instrumen :
Di dalam suatu kelas terdapat 40 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika dan 17 siswa senang bahasa, jika ada 5 siswa yang tidak senang matematika atau bahasa tentukanlah berapa siswa yang senang matematika dan senang bahasa. Gambarlah keadaan tersebut ke dalam diagram venn





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP ..............
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (tujuh)/2 (dua)

Standar Kompetensi :
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, serta menentukan ukurannya

Kompetensi Dasar :
5.2. Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

Indikator :
1. Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis lain
2. Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk meenyelesaikan soal

Alokasi waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menentukan sifat sudut yang terjadi jika dua garis berpotongan dipotong garis lain
2. Siswa dapat menentukan sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong garis lain
3. Siswa dapat menyelesaikan soal-soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong garis lain

B. Materi Ajar:
1. Sifat sudut yang terjadi dari dua garis berpotongan yang dipotong garis lain
2. Sifat sudut yang terjadi dari dua garis sejajar yang dipotong garis lain
3. Penggunaan sifat sudut

C. Metode Pembelajaran:
Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan

D. Langkah-langkah kegiatan:

Pertemuan pertama :
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali kedudukan dua garis dan besar sudut
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa akan lebih cepat memahami materi berikutnya.

Kegiatan Inti
1. Diberikan sebuah gambar yang terdiri dari 3 buah garis saling berpotongan, siswa mendiskusikan sifat-sifat sudut yang terajdi pada gambar tersebut dengan melakukan pengukuran.
2. Dari hasil diskusi, setiap siswa dapat menyimpulkan sifat-sifat sudut :
a. bertolak belakang
b. berpelurus
Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR).

Pertemuan kedua :
Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali kedudukan dua garis dan besar sudut sebagaimana telah dibahas pada pertemuan pertama
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa akan lebih cepat memahami materi berikutnya.

Kegiatan Inti
1. Diberikan sebuah gambar yang terdiri dari 2 buah garis sejajar dan dipotong garis lain, siswa ditugaskan untuk melakukan pengukuran terhadap sudut yang terjadi.
2. Dari pengukuran tersebut, siswa diharapkan dapat menyimpulkan tentang :
1. Sudut bertolak belakang
2. Sudut sehadap
3. Sudut dalam bersebrangan
4. Sudut luar bersebrangan
5. Sudut dalam sepihak
6. Sudut luar sepihak

3. Siswa mengerjakan tugas/latihan soal dari buku sumber : Matematika …., hal ….., nomor ……..

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas (PR)

4. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks (sumber), penggaris, alat peraga, busur derajat

5. Penilaian
Teknik : Tes tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP ............
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (tujuh) / 2 (dua)


Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan kuannya

Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga serta menentukan ukurannya

Indikator : 6.1.1 Menjelaskan jenis-jenis segitiga bedasarkan sisi-sisinya.
6.1.2 Menjelaskan jenis-jenis segitiga bedasarkan sudutnya.


Alokasi waktu : 2 x 40 menit (1 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga bedasarkan sisi-sisinya.
2. Siswa dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga bedasarkan sudutya.

B. Materi Ajar:
Jenis-jenis segitiga

C. Metode Pembelajaran:
Diskusi kelompok, demonstrasi/peragaan, dan inkuiri.

D. Langkah-langkah kegiatan:
Pertemuan Pertama
Pendahuluan :
Apersepsi :Mengingat kembali tentang pengertian segitiga
Motivasi :Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
Kegiatan Inti
1. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan beberapa kelompok
2. Dengan berdiskusi dengan kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat :
a. Menjelaskan jenis-jenis seitiga berdasarkan sisi-sisinya.
b. Menjelaskan jenis-jenis seitiga berdasarkan sudutinya.
3. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapinya.
4. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dan jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya
5. Siswa menerjakan tugas sebagai latihan yang terdapat pada buku sumber.
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberikan tugas PR.




E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, busur derajat, dan model-model segitiga.

F. Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tes tulis
Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis

Contoh Instrumen :
1. gambarkan yang merupakan segitiga
a. siku-siku ? f. sembarang ?
b. lancip ? g. siku-siku sama kaki ?
c. tumpul ? h. Lancip sama kaki ?
d. sama sisi ? i. Tumpul sama kaki ?
e. sama kaki ?





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP .............
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (tujuh) / 2 (dua)


Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menentukan kuannya

Kompetensi Dasar : 6.3 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.

Indikator : 6.3.1 Melukis segitiga yang diketahui ketiga sisinya, dua sisi satu
sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut.
6.3.2 Melukis segitiga sema sisi dan segitiga sama kaki
6.3.3 Melukis garis tinggi, garis, berat, garis berat, dan garis sumbu.

Alokasi waktu : 3 x 40 menit (1 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya, atau satu sisi dan dua sudut.
2. Siswa dapat melukis segitiga sama sisi dan segitiga kaki
3. Siswa dapat melukis garis tinggi, garis, berat, garis berat, dan garis sumbu.

B. Materi Ajar:
Segiempat dan segitiga

C. Metode Pembelajaran:
Kombinasi ceramah, demonstrasi/peragaan, dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah kegiatan:
Pendahuluan :
Apersepsi : 1. Membahas PR
2. Menanyakan materi yang sudah dipelajari tetapi belum dipahami
Motivasi : Materi segiempat dan seitiga khususnya mengenai peragaan cara melukis/menggambar segitiga akan menyenangkan dan akan bemanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

E. Kegiatan Inti
1. Siswa dan guru berdialog tentangtujuan pembelajaran dan megkaitkan materi yan akan dipelajari degan kehidupan sehari-hari,
2. Siswa dapat mempersiapkan alat-alat yang diperlukan untuk melukis segitiga antara lain pensil, penggaris, dan jangka.
3. Guru memperagakan cara melukis segitiga dan menggambarkan garis tinggi, dan garis berat, dan garis berat pada segitiga.
4. Siswa membuat peragaan dengan bimbingan guru.
5. Siswa melukis di papan tulis
6. Siswa berdiskusi dari hasil kerja siswa lain.
7. Siswa mengerjakan tugas latihan yan diberikan guru

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
3. Guru memberikan tugas PR.

F. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, penggaris, dan jangka

G. Penilaian
Teknik : Kuis dan tes tulis
Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis


Contoh Instrumen :

1. Lukislah segitiga ABC jika panjang ketiga sisinya adalah AB = 3 cm, BC = 2 cm dan panjang AC = 4 cm

2. Lukislah segitiga berikut ini!
a. Segitiga EFG dengan besar E = 35o, panajan EF = 7 cm, dan EG = 6 cm
b. Segitiga HIJ dengan besar J = 120o, H = 35o dan panjang JH = 7 cm

3. a. Lukislah segitiga ABC dengan AB = 8 cm, besar A = 60o, dan B = 45o
b. Lukislah garis tinggi pada segitiga ABC
c. Lukislah garis bera pada segitiga ABC
d. Lukislah garis bagi pada segitiga ABC

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar