About We

Foto Saya
palembang, sumatera selatan, Indonesia

Jumat, 02 Oktober 2009

RPP matematika kelas 8 SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP …………………………….
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 2

Standar Kompetensi :
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya

Kompetensi Dasar :
5.1 Mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya
Indikator :
Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang sisi, diagonal ruang, bidang diagonal

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan rusuk-rusuk pada kubus, balok, prisma, dan limas
2. Siswa dapat menyebutkan bidang sisi pada kubus, balok, prisma, dan limas
3. Siswa dapat menyebutkan diagonal-diagonal ruang pada kubus, balok, prisma, dan limas
4. Siswa dapat menggambarkan bidang diagonal pada kubus, balok dan prisma
5. Siswa dapat menentukan banyaknya diagonal ruang pada kubus dan balok
6. Siswa dapat menentukan banyaknya bidang diagonal pada kubus, balok dan prisma

B. Materi Ajar
Unsur-unsur pada kubus, balok, prisma, dan limas

C. Metoda, Pendekatan, dan Model Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, penugasan melalui pendekatan CTL dengan model pembelajaran kooperatif

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingatkan kembali tentang rumus luas bangun datar
Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik, banyak manfaatnya dalam kehidupan
sehari-hari

Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab, siswa diminta menyebutkan contoh-contoh bangun ruang dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk kubus, balok, prisma dan limas
2. Guru dan siswa mendiskusikan unsur-unsur yang terdapat pada bangun ruang sisi datar
3. Menggambarkan bangun ruang kubus, balok, prisma dan limas
4. Siswa menyelesaikan soal-soal yang terdapat pada buku sumber

Penutup
1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman
2. Siswa dan guru melakukan refleksi
3. Guru memberikan tugas (PR)


E. Alat dan sumber Belajar
Buku Teks, Model Bangun Ruang


F. Penilaian
Teknik : Tes lisan, tulisan, dan unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Daftar Pertanyaan, uji kerja produk
Instrumen :

Buat gambar balok ABCDEFGH di bawah ini!

1. Sebutkan rusuk-rusuk pada balok ABCDEFGH !
2. Berapa buah rusuk pada balok tersbut?
3. Gambarkan diagonal-diagonal ruang pada balok tersebut
4. Berapa banyak diagonal ruang pada balok tesebut?
5. Gambarlah bidang diagonal pada gambar balok tersebut!
6. Berapa banyak bidang diagonal yang dapat dibuat?





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP …………………………….
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 1

Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

Kompetensi Dasar :
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Indikator :
Menentukan faktor suatu bilangan
Memfaktorkan suku bentuk aljabar
Menguraikan bentuk aljabar suku dua dan suku tiga ke dalam faktor-faktornya

Alokasi Waktu : 3 x 2 jam pelajaran (3 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan pengertian faktor suatu bilangan
2. Siswa dapat menentukan faktor suatu bilangan
3. Siswa dapat menentukan faktor suku bentuk aljabar
4. Siswa dapat menguraikan suku bentuk aljabar bentuk
a. ax + bx melalui penemuan sifat distributif
b. a2 – b2 melalui LKS misteri ‘rumus’ perkalian
c. ax2 + bx + c melalui diskusi

B. Materi Ajar
Faktorisasi suku aljabar

C. Metoda Pembelajaran
Inquiri dan pemodelan

D. Langkah-langkah Pembelajaran

I. Pendahuluan :
Apersepsi : Melalui tanya jawab siswa mengingat kembali pengertian faktor dan
memberikan contohnya.
Motivasi : Materi ini merupakan materi prasyarat pada pokok bahasan di kelas IX
tentang persamaan kuadrat

II. Kegiatan Inti
o Siswa dibagi dalam beberapa kelompok @ 4 orang
o Melalui LKS terbimbing siswa diarahkan untuk menemukan faktor suatu bilangan dan menentukan fakto suatu bentuk aljabar.
o Salah satu kelompok mempresentasikan hasilnya sedangkan kelompok lain menaggapi

III. Penutup
o Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
o Siswa dan guru melakukan refleksi




E. Alat dan Sumber Belajar
LKS dan Buku pegangan

F. Penilaian
Tehnik : Penilaian Proses dan Tertulis
Bentuk : Tes tertulis

Bentuk instrumen

Sebutkan faktor dari 10 5
Apakah 3 merupakan faktor dari 10? Berikan alasan 15
Tentukan faktor dari 2x2 5
Skor Total 25


G. Pedoman Penilaian ( Penlaian Proses )

Kriteria Bobot Perolehan skor siswa
Kerjasama 25
Menarik Kesimpulan 25
Memberikan contoh 25

Jumlah 75

Nilai Akhir = Tes Tertulis + Penilaian Proses





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SEKOLAH : SMPN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/2
TAHUN PELAJARAN : 2007/2008
WAKTU : 2 X 40 MENIT


A. STANDAR KOMPETENSI
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, limas dan bagian-bagiannya serta menentukan ukurannya

B. KOMPETENSI DASAR
5.3. Menghitung luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma dan limas

C. INDIKATOR
o Menghitung luas permukaan limas
o Menghitung volum limas

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
o Siswa dapat menghitung luas permukaan dan volum limas

E. MATERI AJAR
o Luas dan volume bangun datar
F. METODE, PENDEKATAN, DAN MODEL PEMBELAJARAN
o Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
o Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang rumus luas bangun datar.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai, banyak manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
o Kegiatan Inti:
a. Siswa dan guru berdialog tentang beberapa rumus luas bangun datar, kemudian siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok.
b. Tiap kelompok mendiskusikan cara menentukan luas bangun datar melalui LKS yang disediakan.
c. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapi.
d. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan cara menentukan luas dan volum limas, kemudian membahas bersama-sama.
o Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melaku
c. Guru memberikan tugas










Pertemuan Ke-2
o Pendahuluan
Apersepsi : Membahas PR
Mengingat kembali tentang bangun ruang
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.
o Kegiatan Inti:
a. Siswa dikondisikan dalam dalam kelompok diskusi, masing-masing terdiri dari 4-5 orang, kemudian tiap kelompok mendiskusikan LKS.
b. Masing-masing kelompok mendiskusikan hasil diskusinya, kelompok lain menanggapi dan guru kengklarifikasi
c. Siswa menyelesaikan soal yang berkaitan dengan volum limas.
o Penutup
a. Dengan bimbinan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman
b. Siswa dan guru melakukan refleksi
c. Guru memberi tugas

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Teks, model-model bangun ruang dan bangun datar, LKS

F. Penilaian
Teknik : Kuis, Tes tertulis
Bentuk : Uraian
Contoh Instrumen :

1. Suatu limas sissi tegak, alasnya berbentuk persegi dengan panjang sisi 12 cm. Jika tinggi limas 8cm, tentukan :
a. luas bidang alas
b. luas bidang sisi tegak limas
c. tentukan volum limas tersebut


Pedoman penskoran:
1. a. skor = 4
b. skor = 6
c. skor = 10





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH : SMPN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/1
TAHUN PELAJARAN : 2007/2008
WAKTU : 2 X 40 MENIT


Standar Kompetensi :
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
3.1 Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
Indikator :
a. Menemukan teorema Pythagoras
b. Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
c. Menghiting perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa ( salah satu sudutnya 300, 450, 600 )

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit (4 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan teorema Pythagoras dengan melakukan penyelidikan
2. Siswa dapat menggunakan rumus teorema Pythagoras untuk menghitung salah satu sisi segitiga sisku-siku jika dua sisi yang lain diketahui
3. Siswa dapat menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
4. Siswa dapat mencari bilangan yang merupakan tripel Pythagoras
5. Siswa dapat menggunakan tripel Pythagoras untuk membuktikan bahwa suatu segitiga merupakan segitiga siku-siku.

B. Materi Ajar
1. Teorema Pyhagoras :
2. Perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa ( salah satu sudutnya 300, 450, 600 )
3. Tripel Pythagoras

C. Metoda Pembelajaran
Diskusi kelompok, penemuan terbimbing, dan ekspositori melaluipendekatan induktif
dengan pembelajaran kooperatif

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
I. Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali tentang ruas persegi, luas segitiga, kuadrat, dan akar kuadrat.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik , maka akan dapat membantu siswa menemuka teorema Pythagoras yang banyak digunakan untuk memecahkan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari.

II. Kegiatan Inti
a. Siswa dikonsikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 – 5 orang.
b. Guru memberkan masalah mengenai segitiga siku-siku untuk didiskusikan dalam kelompok.
c. Siswa mendiskusikan materi dalam kelompok mengenai hubungan antara luas persegi pada bidang miring segitiga siku-siku dan sisi siku-sikunya dengan ukuran sisi pada segitiga masing-masing kelompok berbeda.
d. Masing-masing kelompo diminta menyampaikan hasil diskusinya.
e. Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi.
f. Berdasarkan kesimpulan guru menjelaskan rumus / teorema.
g. Siswa menuliskan rumus Pythagoras berdasarkan gambar berbagai segitiga siku-siku.

III. Penutup

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi..
c. Guru memberikan tugas ( PR )

Pertemuan Kedua :

I. Pendahuluan :
Apersepsi : a. Membahas PR.
b. Mengingat kembali teorema pythagos
Motivasi : Dengan rumus pythagoras siswa akan dapat menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

II. Kegiatan Inti
a. Sesuai dengan .kelompok yang tersedia, siswa berdiskusi tentang cara mengunkan rumus/teorema pythagoras pada segi tiga siku-siku;
b. Guru menjelaskan cara menentukan atau menghitung panjang segi tiga siku-siku, jika dua sisi lainnya diketahui.
c. Siswa mengerjakan soal-soal .yang berhubungan dengan teorema pithagoras.

III. Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi..
c. Guru memberikan tugas ( PR )

Pertemuan Ketiga :

I. Pendahuluan :
Apersepsi : Siswa mengingat kembali rumus/torema pythagoras dan sipat-sipat segi tiga sama sisi.
Motivasi : Dengan memhami rumus/dalil Pythagoras memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.yang berkaitan dengan teorema pythagoras

II. Kegiatan Inti
a. Siswa bediskusi tentang perbandingan sisi-sisi segi iga istimewa dalam kelompok.
b. Siswa melaporkan hasil kerja kelompok masing-msing di depan kelas
c. Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi
d. Siswa mengerjakan soal-soal

III. Penutup
a. Siswa dan guru melakukan refleksi..
b. Guru memberikan tugas ( PR )

Pertemuan Keempat :

I. Pendahuluan :
Apersepsi : Mengoreksi PR
Siswa mengingat kembali rumus pythagoras
Motivasi : Dengan mempeljari tripel pythagors siswa dapat menentukan jenis-jenis segi tiga



II. Kegiatan Inti
a. Disediakan bebebrapa kelompok bilangan masing-masing terdiri dari 3 bilangan, siswa menentukan kelompok bilangn yang memenuhi rumus pythgoras;.
b. Diberikan ukuran sisi-sisi segi tiga, kemudian siswa mengecek apakan merupakan segi tiga siku-siku, segi tiga tumpul atau segi tiga lancip;

III. Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta untuk membuat rangkuman.
b. Siswa dan guru melakukan refleksi..
c. Guru memberikan tugas ( PR )

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, papan tulis berbetak, buku berbpetak dan model-model segitiga.

F. Penilaian
Teknik : Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen
1. Suatu segitiga siku-siku panjang sisi miringnya 17 cm dan salah satu sisi siku-sikunya 15 cm. Tentukan panjang sisi yang lain, kemudian hitung luasnya.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH : SMPN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/2
TAHUN PELAJARAN : 2007/2008
WAKTU : 4 X 40 MENIT

Standar Kompetensi :
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi Dasar :
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
Indikator :
o Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melukis lingkaran dalam segitiga
2. Siswa dapat melukis lingkaran luar segitiga

B. Materi Ajar
Lingkaran

C. Metoda Pembelajaran
Diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan melalui pendekatan induktif dengan model pembelajaran kooperatif

D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama :
I. Pendahuluan :
Apersepsi : Mengingat kembali tentang jenis-jenis segitiga dan garis bagi pada segitiga
Motivasi : menyampaikan tujuan
Menginformasikan pdada siswa jika materi ini dikusai dengan baik,maka dapat membantu dalam mempelajari bahan ajar mekanika di tingkat yang lebih tinggi
II. Kegiatan inti
a. Mengkondisikan siswa dalam kelompok kecil( 4 – 5 orang perkelompok)
b. Siswa mengerjakan LKS tentang bagaimana cara melukis lingkaran dalam suatu segitiga ( tiap kelompok mendapat tugas melukis yang berbeda),sedangkan guru membantu siswa dalam kerja kelompok jika diperlukan.
c. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan cara menempelkan hasil lukisan yang di buat ditempat yang disediakan,sambil salah seorang anggota menjelaskan keunikannya
d. Melaluia diskusi secara klasikal guru memberikan klarifikasi terhadap hasil pekerjaan siswa
e. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan guru,kemudian dibahas bersama.

III. Penutup
a. Melalui tanya jawab guru membiming siswa untuk membuat rangkuman
b. Guru memberi tugas PR
c. Guru bersama siswa melakukan refleksi




Pertemuan Kedua :
I. Pendahuluan :
Apersepsi : - Membahas PR yang dianggap sulit
- Mengingat kembali tentang jenis-jenis segitiga dan garis sumbu pada
segitiga
Motivasi : - Menyampaikan tujuan
- Menginformasikan pdada siswa jika materi ini dikusai dengan baik,maka dapat membantu dalam mempelajari bahan ajar mekanika di tingkat yang lebih tinggi
II. Kegiatan inti
a. Mengkondisikan siswa dalam kelompok kecil( 4 – 5 orang perkelompok)
b. Siswa mengerjakan LKS tentang bagaimana cara melukis lingkaran luar suatu segitiga ( tiap kelompok mendapat tugas melukis yang berbeda),sedangkan guru membantu siswa dalam kerja kelompok jika diperlukan.
c. Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan cara menempelkan hasil lukisan yang di buat ditempat yang disediakan,sambil salah seorang anggota menjelaskan keunikannya
d. Melaluia diskusi secara klasikal guru memberikan klarifikasi terhadap hasil pekerjaan siswa
e. Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan guru,kemudian dibahas bersama.

III. Penutup
a. Melalui tanya jawab guru membiming siswa untuk membuat rangkuman
b. Guru memberi tugas PR
c. Guru bersama siswa melakukan refleksi
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Teks,LKS,Jangka dan Mistar
F. Penilaian
Tehnik : unjuk kerja
Bentuk instrumen : uji petik kerja prosedur
Intstrumen : Rubrik penskoran terlampir
1. Gambarlah sebuah segitiga kemudian lukislah lingkaran dalamnya !
2. Gambarlah sebuah segitiga kemuidan lukislah lingkaran luarnya





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMP …………………………….
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / 1

Standar Kompetensi :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus

Kompetensi Dasar :
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius
Indikator :
1. Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi.
2. Membuat persamaan bentuk fungsi dari tabel yang disediakan.
3. Menentukan bentuk fungsi dari tabel yang disediakan.
4. Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi.
2. Membuat persamaan bentuk fungsi dari tabel yang disediakan.
3. Menentukan bentuk fungsi dari tabel yang disediakan.
4. Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius

B. Materi Ajar : Fungsi

C. Metode, Pendekatan, dan Model Pembelajaran
D. Diskusi kelompok , tanya jawab, penugasan dengan pendekatan induktif, dan model pembelajaran langsung.

E. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
H. Pendahuluan :
Apersepsi : - Membahas PR
- Menanyakan materi yang telah dipelajari tetapi belum dipahami
Motivasi : - Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa pada materi berikutnya
II. Kegiatan Inti
o Siswa dan guru berdilog mengenai beberapa rumus fungsi, kemudian siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 - 5 orang
o Tiap kelompok mendiskusikan cara menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi serta memuat persamaan bentuk fungsi dari tabel melalui LKS yang disediakan
o Setiap kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain n menanggapi.
o Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan cara menyusun tabel pasangan peubah dengan nilai fungsi serta persamaan bentuk fungsi dari tabel, kemudian membahasnya secara klasikal



III. Penutup
o Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
o Siswa dan guru melakukan refleksi
o Guru memberikan tugas tersetruktur (PR)

Pertemuan kedua

I. Pendahuluan :
Apersepsi : - Membahas PR
- Mengingat kembali tentang sistem koordinat Cartesius
Motivasi : - Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan membantu siswa pada materi berikutnya
II. Kegiatan Inti
o Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 - 5 orang, kemudian tiap kelompok mendiskusikan LKS yang berisi tentang bentuk fungsi dari tabel dan cara menggambar grafik fungsi
o Setiap kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya sedangkan kelompok lain menanggapi kemudian guru mengklarifikasi
o Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan cara menentukan bentuk fungsi dari tabel dan cara menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius kemudian membahasnya secara bersama-sama

III. Penutup
o Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
o Siswa dan guru melakukan refleksi
o Guru memberikan tugas tersetruktur (PR)

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku teks, buku berpetak, papan tulis berpetak dan penggaris

F. Penilaian :
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen :
1. Diketahui f(x) = 5x – 3




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP)


Sekolah : SMPN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/1

Standar Kompetensi
1. Memahami bentuk aljabar,relasi,fungsi dan persamaan garis lurus

Kompetetnsi dasar
1.3 Memahami relasi dan fungsi

Indikator
1. Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
2. Menyatakann relasi dan fungsi dalam bentuk diagram
3. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi

Alokasi waktu : 3 jam pelajaran ( 2 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat a. Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah
sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
b. Menyatakann relasi dan fungsi dalam bentuk diagra
c. Menyatakan suatu fungsi dengan notasi

B. Materi ajar
Relasi dan Fungsi

C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab ,diskusi kelompok dan penugasan

D. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan pertama

Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali pengertian himpunan
Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik, banyak manfaatnya dalam
kehidupansehari-hari
Kegiatan inti
a. dengan tanya jawab siswa diminta menyebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan relasi dan fungsi
b. Siswa dan guru mendiskusikan masalah yang berhubugan dengan relasi dan fungsi dan menyatakannya dengan diagram panah dan diagram kartesius
c. Siswa berdiskusi dikelompoknya mengerjakan soal-soal pada buku sumber

Penutup

o Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
o Siswa dan guru melakukan refleksi
o Guru memberikan tugas tersetruktur (PR)





Pertemuan Kedua

Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali model matematika PLSV dan menyatakanya sebagai notasi fungsi
Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik, banyak manfaatnya dalam
kehidupansehari-hari
Kegiatan inti
a. dengan tanya jawab siswa dan guru mendiskusikan soal cerita PLSV dan menyatakannya dalam bentuk notasi fungsi .
b. Siswa berdiskusi dikelompoknya mngerjakan soal-soal pada buku sumber
Penutup
o Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
o Siswa dan guru melakukan refleksi
o Guru memberikan tugas tersetruktur (PR)

E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Paket

F. Panilaian
Tehnik : Lisan dan Tertulis
Bentuk Instrumen : Lisan/Tulis

Instrumen
Pertemuan pertama
1. Manakah yang merupakan relasi dan manakah yang merupakan fungsi
a. hubungan antara ayah dengan anak-anaknya
b. hubungan anak-anak dengan ayahnya (30)
2. Gambarlah diagram panah relasi ‘nomor sepatu’ dari siswa dalam kelompok
masing-masing. (30)

Pertemuan kedua
1. harga satu buku tulis Rp 4500,maka harga x buku tulis adalah 4500x
Tulislah fungsi yang menyatakan harga buku dalam x sesuai pernyataan di atas.
(30)
2. Suhu permukaan bumi pada suatu saat 300C. Setiap bertambah kedalaman 1 meter suhu bertambah 40C. Tulislah fungsi yang menyatakan besarnya suhu pada kedalaman x meter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar