About We

Foto Saya
palembang, sumatera selatan, Indonesia

Jumat, 02 Oktober 2009

RPP matematika kelas 9 SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX /1
Pertemuan : 2 pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 40 menit

Standar Kompetensi :
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen

Indikator :
• Menyatakan pengertian dua segitiga sebangun
• Menyatakan sifat-sifat dua segitiga sebangun
• Menyatakan pengertian dua segitiga kongruen
• Menyatakan sifat-sifat dua segitiga kongruen

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian sebangun.
2. Siswa dapat menuliskan sifat-sifat dua segitiga sebangun.
3. Siswa dapat menyatakan perbandingan pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari dua segitiga sebangun.
4. Siswa dapat menjelaskan pengertian kongruen
5. Siswa dapat menuliskan sifat-sifat dua segitiga kongruen
6. Siswa dapat menuliskan pasangan sisi-sisi yang sama dari dua segitiga kongruen
7. Siswa dapat menuliskan pasangan sudut yang sama dari dua segitiga kongruen.

B. Materi Pembelajaran :
Kesebangunan

C. Metode Pembelajaran :
Investigasi Kelompok, diskusi kelompok, tanya jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan pertama :

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Motivasi : Apabila materi ini dikuasai siswa dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

b. Apersepsi : - mengingat kembali tentang pengertian bangun datar sebangun, dan kongruen.
- mengingat kembali cara melukis sebuah segitiga
c. Menyampaikan Tujuan Pembelajaran/kompetensi

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya melukis beberapa pasangan segitiga yang ditugaskan guru (1. semua sudut yang bersesuaian dari kedua segitiga sama besar, 2. pasangan sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga mempunyai perbandingan yang sama)
b. Siswa mengamati bentuk masing-masing pasangan segitiga yang dilukisnya, membandingkan pasangan-pasangan sisi yang bersesuaian, kemudian dengan bimbingan guru siswa menyatakan bahwa pasangan segitiga itu sebangun
c. Dengan bimbingan guru siswa menyatakan sifat-sifat dari dua segitiga yang sebangun .
d. Siswa bersama teman sebangkunya mengerjakan soal latihan tentang dua segitiga sebangun dari buku sumber (karangan …, halaman …, latihan …, nomor …) guru mengamati dan memberikan bantuan pada siswa yang memerlukannya.
e. Secara individu siswa mengerjakan soal yang diberikan guru, kemudian diperiksa silang ( koreksi ketuntasan ).

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

Pertemuan kedua :

1. Pendahuluan:
a. Motivasi : Mengingatkan manfaat pengetahuan tentang dua buah segitiga kongruen dalam kehidupan nyata.

b. Apersepsi : - Membahas soal PR yang sulit
- Mengingatkan sifat-sifat dua segitiga sebangun
- Mengingat sifat-sifat jajargenjang
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran/kompetensi

2. Kegiatan Inti :
a Siswa bersama-sama dengan teman sebangkunya melukis beberapa pasangan segitiga yang ditugaskan guru (1. semua sisi-sisi yang bersesuaian dari kedua segitiga sama panjang, 2. mempunyai dua sisi bersesuaian sama panjang dan sebuah sudut yang diapitnya sama besar, 3. mempunyai satu sisi bersesuaian sama panjang dan sudut di kedua ujung sisi tersebut yang bersesuaian sama besar)
b Siswa menjiplak salah satu dari masing-masing pasangan segitiga yang dilukisnya dan mengguntingnya, kemudian mengimpitkan guntingan tadi pada segitiga lainnya, dengan bimbingan guru siswa menyatakan bahwa pasangan segitiga itu kongruen
c Dengan bimbingan guru siswa menyatakan sifat-sifat dari dua segitiga yang kongruen.
d Siswa bersama teman sebangkunya mengerjakan soal latihan tentang dua segitiga kongruen dari buku sumber (karangan …, halaman …, latihan …, nomor …) guru mengamati dan memberikan bantuan pada siswa yang memerlukannya.
e Secara individu siswa mengerjakan soal yang diberikan guru, kemudian diperiksa silang ( koreksi ketuntasan ).

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

E. Sumber / Alat Belajar
Buku teks, penggaris, busur derajat, dan jangka.

F. Penilaian
Teknik : tes lisan dan tes tetulis
Bentuk instrumen : uraian


Instrumen :

1. sebuah jajargenjang ABCD, dimana A ditarik garis ke C dan B ditarik garis ke B sehingga titik tengah antar ABCD adalah E!

pertanyaan
a. Semua pasangan ruas garis yang sama panjang
b. Semua pasangan sudut yang sama besar
c. Semua pasangan segitiga yang kongruen


Pensekor :
Nomor 1a. jika benar diberi skor = 2
1b. jika benar diberi skor = 3
1c. jika benar diberi skor = 5
Jumlah Skor Maksimum = 10







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX /1
Pertemuan : 4 pertemuan
Alokasi waktu : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi :
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data

Kompetensi Dasar :
3.1 Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya.

Indikator :
• Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus/tally.
• Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar, dan jangkauan data
• Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally
2. Siswa dapat mengurutkan data tunggal dari kecil ke besar atau sebaliknya.
3. Siswa dapat menyebutkan data terkecil, terbesar, dan jangkauan data
4. Siswa dapat menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya

B. Materi Pembelajaran :
Statistika

C. Metode Pembelajaran :
Diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan pertama :

1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi : menceritakan manfaat materi ini dalam kehidupan sehari-hari
b. Apersepsi : mengingat kembali tentang operasi bilangan
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran/kompetensi

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dibagi dalam kelompok diskusi 4 s.d 5 orang
b. Siswa diminta mengerjakan LKS tentang cara pengumpulan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat secara kelompok
c. Siswa mendiskusikan cara menyusun daftar hasil pengumpulan data dan mengurutkannya dari kecil ke besar atau sebaliknya dalam bentuk tabel . Guru sebagai fasilitator.
d. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya, kelompok lain menanggapinya.
e. Guru memberikan klarifikasi dan penekanan
f. Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
g. Penghargaan diberikan pada kelompok yang mengerjakan paling baik.
h. Kuis secara individu

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR
Pertemuan kedua :

1. Pendahuluan:
a. Motivasi : - menyampaikan tujuan
- menceritakan manfaat materi ini pada kehidupan sehari-hari
b. Revisi : membahas soal PR yang sulit
c. Apersepsi : mengingat kembali tentang cara pengumpulan data

2. Kegiatan Inti :
a. Pembagian kelompok 4 –5 orang
b. Siswa diminta mengumpulkan data disekitar lingkungan sekolah, misal tentang tinggi badan, berat badan, warna kesukaan
c. Diskusi kelompok mengurutkan data tunggal yang diperoleh dari hasil pendataan dari kecil ke besar atau sebaliknya, kemudian diarahkan untuk menentukan data terkecil, terbesar, dan jangkauan data
d. Guru memantau kerja kelompok mengarahkan dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan
e. Guru meminta 2 – 3 kelompok siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan kelompok lain menanggapinya
f. Hasil kerja kelompok ditempel di papan display
g. Penghargaan diberikan pada kelompok yang mengerjakan paling baik
h. Kuis secara individu

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

Pertemuan ketiga :

1. Pendahuluan:
a. Motivasi : - menyampaikan tujuan
- menceritakan manfaat materi ini pada kehidupan sehari-hari
b. Revisi : membahas soal PR yang sulit
c. Apersepsi : mengingat kembali tentang cara mengurutkan data, menentukan data terkecil, terbesar, dan jangkauan data

2. Kegiatan Inti :
a Pembagian kelompok 10 orang per kelompok
b Guru mengajak siswa belajar di luar kelas (di halaman sekolah ) untuk mempraktekkan cara menentukan modus dari data tunggal.
c Siswa menyimpulkan pengertian modus
d Guru dan siswa mempraktekkan cara menentukan median data tunggal
e Siswa menyimpulkan pengertian median
f Guru bersama siswa mempraktekkan cara menentukan rata-rata dari data tunggal
g Siswa menyimpulkan pengertian rata-rata dari data tungal
h Siswa diminta mengerjakan soal latihan dari buku teks halaman … latihan … nomor …
i Guru membimbing dan mengarahkan
j Kuis diberikan secara lisan

3.Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR


Pertemuan keempat :

1. Pendahuluan:
a. Motivasi : - menyampaikan tujuan
- mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari
b. Revisi : membahas soal PR yang sulit
c. Apersepsi : mengingat pengertian modus, median, dan rata-rata dari data tunggal

2.Kegiatan Inti :
a. Pembagian kelompok 4-5 orang per kelompok
b. Siswa melaksanakan diskusi kelompok mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan cara mengurutkan data tunggal , kemudian menentukan rata-rata, modus, dan mediannya;
c. Guru membimbing, mengarahkan, dan memberi motivasi;
d. Beberapa siswa perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok
e. Guru melakukan resitasi dan klarifikasi;
f. Reward diberikan pada kelompok yang mengerjakan dengan benar;
g. Kuis diberikan secara individu

3.Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

E. Sumber Belajar
Buku teks, pengukur tinggi badan, timbangan badan, kacang kulit, dan lingkungan sekitar.

F. Penilaian
Teknik : tes
Bentuk instrumen : tertulis


Instrumen penilaian :

1. Pada kegiatan di sekolah, diikuti oleh siswa-siswa yang berumur (dalam satuan tahun) : 12, 12,15,14,16,12,15,15,13,14,15,16,11,16,17,14,13,14,15,15.
a. Buatlah tabel frekuensi data tersebut
b. Tentukan data terkecil, terbesar, dan jangkauan data
c. Tentukan rata-rata, modus, dan median dari data tersebut


Pedoman penskoran :
Nomor 1 a. skor 40
1 b. skor 30
1 c. skor 30
Jumlah skor maksimum 100




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX /1
Pertemuan : 2 pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 40 menit

Standar Kompetensi :
4. Memahami peluang kejadian sederhana

Kompetensi Dasar :
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan

Indikator :
• Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan
• Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menentukan titik sampel dari suatu percobaan sederhana
2. Siswa dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan sederhana
3. Siswa dapat mendata semua titik sampel dari suatu percobaan
4. Siswa dapat menentukan ruang sampel dari suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya

B. Materi Pembelajaran :
Peluang : titik sampel, ruang sampel

C. Metode Pembelajaran :
Diskusi kelompok, demonstrasi, tanya jawab.

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan pertama :

1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
1. Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan

b. Apersepsi : Guru bercerita tentang memilih tempat sebelum pertandingan dimulai atau lainnya menggunakan undian

2. Kegiatan Inti :
a. Dengan tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk mengenal titik sampel dan ruang sampel
b. Siswa dikelompokan, masing-masing kelompok terdiri dari 5 – 7 orang.
c. Masing-masing kelompok diarahkan untuk melakukan demonstrasi percobaan pelemparan sebuah mata uang logam dengan membagi-bagi tugas, ada yang melakukan pelemparan, ada yang mengamati, dan ada yang mencatat hasil pelemparan.
d. Masing-masing kelompok diminta untuk mengulang melakukan percobaan kembali dengan siswa yang berbeda dalam satu kelompok.
e. Masing-masing kelompok diminta untuk menyampaikan hasil percobaannya, guru menulis di papan tulis hasil percobaan dari tiap-tiap kelompok
f. Masing-masing kelompok diarahkan untuk melakukan percobaan kembali dengan dadu, untuk beberapa siswa bergantian atau lakukan sama seperti pada uang logam
g. Masing-masing kelompok untuk menyampaikan hasil percobaannya, guru mencatatnya;
h. Dengan demonstrasi, guru menunjukkan titik sampel dan ruang sampel;
i. Siswa diminta untuk melakukan percobaan kembali dengan 5 buah kelereng yang mempunyai warna berbeda-beda, dengan cara ambil satu tampa melihatnya kemudian ditulis hasil warna kelereng yang terambil kemudian dikembalikan, mengambil diulang dan seterusnya melakukan berulang, diminta untuk menuliskan titik sampel dan ruang sampelnya;
j. Guru menanyakan mungkinkah warna merah, hijau, putih, merah, biru yang terambil, kemudian bersama-sama untuk berdiskusi;
k. Siswa diarahkan untuk mengerjakan soal latihan kemudian dibahas bersama-sama;
l. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok;

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

Pertemuan kedua :

1. Kegiatan Pendahuluan:
a. Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan titik sampel dan ruang sampel dan mengingatkan kembali tujuan dan metode pembelajaran.
b. Apersepsi : a. Membahas PR;
b. Mengingat kembali pengertian titik sampel dan ruang sampel;

2. Kegiatan Inti :
a. Dengan demonstrasi siswa diminta untuk menuliskan titik sampel dari percobaan dua mata uang yang dilakukan guru;
b. Siswa diminta untuk menyebutkan semua titik sampel yang ditulis;

c. Guru menunjukkan ruang sampelnya dari hasil data yang disebutkan oleh siswa;
d. Siswa diminta untuk mengerjakan latihan soal-soal tentang titik sampel dan ruang sampel dari buku sumber halaman . . . ., latihan . . . ., nomor . . .
e. Dipandu guru siswa diminta untuk membahas latihan bersama;
f. Guru memberi penghargaan kepada siswa;

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

E. Sumber Belajar
Buku teks, uang logam, dadu, kelereng berwarna dan identik, sera toples (wadah) tidak tembus pandang.

F. Penilaian
Teknik : tes tetulis
Bentuk instrumen : uraian


Instrumen :

1. Dari sebuah dadu dilambungkan satu kali. Sebutkanlah:
a. semua titik sampelnya; (skor 6)
b. ruang sampelnya; (skor 1)

2. Dua buah dadu dilambungkan bersama-sama satu kali.
a. tulis semua titik sampel yang mungkin; ( skor 12)
b. dari data/jawaban a. tulis ruang sampelnya; (skor 1)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX /2
Pertemuan : 3 pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 40 menit

Standar Kompetensi :
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah yang sederhana.

Kompetensi Dasar :
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar

Indikator :
• Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada suatu bilangan bulat dan bentuk akar

A. Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat menyelesaikan operasi tambah pada bilangan berpangkat bulat
2. Siswa dapat menyelesaikan operasi kurang pada bilangan berpangkat bulat
3. Siswa dapat menentukan hasil operasi kali pada suatu bilangan berpangkat bulat.
4. Siswa dapat menentukan hasil operasi bagi pada suatu bilangan berpangkat bulat
5. Siswa dapat menentukan hasil operasi pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat
6. Siswa dapat menentukan hasil operasi tambah pada suatu bilangan berpangkat bentuk akar.
7. Siswa dapat menentukan hasil operasi kurang pada suatu bilangan berpangkat bentuk akar.
8. Siswa dapat menentukan hasil operasi kali pada suatu bilangan berpangkat bentuk akar.
9. Siswa dapat menentukan hasil operasi bagi pada suatu bilangan berpangkat bentuk akar.
10. Siswa dapat menentukan hasil operasi pangkat pada suatu bilangan berpangkat bentuk akar.

B. Materi Pembelajaran :
• Bilangan berpangkat dan bentuk akar

C. Metode Pembelajaran :
• Demonstrasi, tanya jawab, penugasan dengan pendekatan induktif dan model pembelajaran koperatif.

D. Langkah-langkah Pembelajaran :

Pertemuan pertama :

1. Kegiatan Pendahuluan:
a. Motivasi :
• Jika siswa mampu menguasai materi ini, maka mereka akan mudah untuk mempelajari materi matematika lanjutan;
• Menyebutkan tujuan pembelajaran;

b. Apersepsi :
• Mengingat kembali pengertian bilangan berpangkat.

2. Kegiatan Inti :
a. Dengan dialog/tanya jawab siswa diminta menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, nol, dan negatif;

b. Guru membagi siswa atas beberapa kelompok yang terdiri dari 4 – 5 siswa, masing-masing kelompok mendiskusikan LKS (sekitar 30 menit) yang berisi tentang bentuk-bentuk: nap + map = (n+m)ap dan ap x aq = ap + q kemudian siswa melaporkan hasil diskusinya. Guru membantu kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan;
c. Setelah laporan hasil diskusi kelompok, guru melakukan resitasi dan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa.
d. Untuk penguatan guru menugaskan kepada para siswa untuk mengerjakan soal latihan yang terdapat dalam buku sumber karangan . . . ., halaman …., latihan …., dan nomor . . . .

3. Kegiatan Penutup
a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

Pertemuan kedua :

1. Kegiatan Pendahuluan
a. Motivasi :
• Jika siswa menguasai materi ini, maka akan memudahkan mereka untuk mempelajari materi matematika lanjutannya;
• Menyebutkan tujuan pembelajaran;
b. Apersepsi :
• Membahas soal PR yang dianggap sulit oleh siswa;
• Mengingat kembali pengertian bentuk an;

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dikondisikan untuk berkelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 –5 orang;
b. Secara berkelompok siswa membahas LKS (sekitar 30 menit) yang memuat bentuk-bentuk: (am)n = amn, mb - nb = (m-n)b, dan (a + a); kemudian melaporkan hasilnya melalui presentasi;
c. Guru mengklarifikasi laporan hasil diskusi tiap kelompok untuk menegaskan kebenaran hasil diskusinya;
d. Siswa menyelesaikan soal-soal latihan pada buku sumber karangan . . . ., halaman . . . ., latihan . . . ., nomor . . . ;

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

Pertemuan ketiga :

1. Pendahuluan:
a. Motivasi :
• Jika siswa menguasai materi ini, maka akan memudahkan mereka untuk mempelajari materi matematika lanjutannya;
• Menyebutkan tujuan pembelajaran;

b. Apersepsi :
• Membahas soal PR yang dianggap sulit oleh siswa;
• Mengingat kembali pengertian bentuk pn x qn = (p x q)n dengan p,q dan n bilangan bulat;


2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dikondisikan untuk berkelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 4 –5 orang;
b. Secara berkelompok siswa membahas LKS (sekitar 30 menit) yang memuat bentuk-bentuk: a x a = a2, dan ; kemudian melaporkan hasilnya melalui presentasi;
c. Guru mengklarifikasi laporan hasil diskusi tiap kelompok untuk menegaskan kebenaran hasil diskusinya;
d. Siswa menyelesaikan soal-soal latihan pada buku sumber karangan . . . ., halaman . . . ., latihan . . . ., nomor . . . ;

3. Kegiatan Penutup:

a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

E. Sumber Belajar
• Buku teks dan LKS

F. Penilaian
Teknik : Tes Tetulis
Bentuk Instrumen : Uraian

Instrumen :
Selesaikan soal-soal berikut ini dengan benar !
1. Berapakah hasil dari : 34 + 34 ? (skor 2)
2. Berapakah nilai dari: 3.53 – 53 ? (skor 2)
3. Tentukan nilai dari 52 x 54 ! (skor 2)
4. Berapakah nilai dari 85 : 82 ? (skor 2)
5. Berapakah hasil dari (2x2y3)2 ? (skor 2)





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IX /2
Pertemuan : 2 pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 40 menit

Standar Kompetensi :
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar :
6.4 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret

Indikator :
• Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.

A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menggunakan sifat-sifat deret aritmetika untuk memecahkan masalah;
2. Siswa dapat menggunakan sifat-sifat deret geometri untuk memecahkan masalah;

B. Materi Pembelajaran
a. Barisan dan deret aritmetika.
b. Barisan dan deret geometri

C. Metode Pembelajaran
• Tanya jawab, pemberian tugas, dan kerja kelompok dengan pendekatan CTL dan model pembelajaaran koperatif.

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama :

1. Kegiatan Pendahuluan :
a. Motivasi :
Banyak masalah kehidupan yang dapat diselesaikan menggunakan deret aritmetika.
b. Apersepsi :
• Mengingat kembali tentang pengertian dan rumus-rumus pada barisan dan deret aritmetika.

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang;
b. Setiap kelompok masing-masing diberi 4 – 5 buah gelas yang sejenis untuk diukur tinggi dari : 1 gelas, 2 gelas yang ditumpuk, 3 gelas yang ditumpuk dan seterusnya;
c. Siswa mendiskusikan dengan kelompoknya tinggi dari tumpukkan 30 gelas yang sejenis tanpa mengukur ataupun mengurutkaannya;
d. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya, sedangkan kelompok lain dipersilakan untuk menanggapi;
e. Siswa mengerjakan soal latihan pemecahan masalah tentang deret aritmetika dan mendiskusikannya dengan teman sebangku dari buku sumber (karangan …….., halaman ……, latihan …, nomor …) guru sebagai fasilitator.

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

Pertemuan kedua :

1. Pendahuluan:
a. Apersepsi :
• Membahas soal PR yang sulit;
• Mengingat kembali tentang pengertian dan rumus-rumus dari deret geometri;
b. Motivasi :
• Banyak masalah dalam kehidupan yang dapat diselesaikan menggunakan deret geometri.

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dikondisikan berkelompok dengan masing-msing kelompok terdiri dari 4 –5 orang;
b. Setiap kelompok mendiskusikan tentang banyak cara membaca kata “MATEMATIKA” sebanyak-banyaknya pada lembar tugas (terlampir);
c. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi;
d. Siswa sebangku berdiskusi mengerjakan soal latihan pemecahan masalah menggunakan deret geometri dari buku sumber (karangan …., halaman …, latuhan …., nomor ….);

3. Kegiatan Penutup

a. Siswa bersama-sama dengan guru melakukan refleksi
b. Dengan bimbingan guru, siswa diarahkan membuat rangkuman
c. Evaluasi
d. Siswa diberi tugas PR

E. Sumber Belajar
• Buku teks, LKS, dan lembar tugas.

F. Penilaian

Teknik : Tes Tetulis
Bentuk instrumen : Uraian
Instrumen :

Pertemuan pertama :
1. Di dalam suatu ruangan terdapat 15 kursi pada baris pertama, 20 kursi pada baris kedua, 25 kursi pada baris ketiga, dan seterusnya selalu bertambah 5 kursi dari baris sebelumnya. Jika di dalam ruangan itu terdapat 15 baris kursi, maka berapakah banyak kursi yang ada di dalam ruangan itu ? (skor maksimum 10)

Pertemuan kedua :
2. Sebuah kebun berbentuk segitiga, banyak pohon pada baris pertama hanya terdapat 2 pohon. Pada baris kedua terdapat 6 pohon, baris ketiga terdapat 18 pohon, dan seterusnya baris di belakang selalu 3 kali dari banyak pohon sebelumnya. Jika banyak pohon ada 10 baris, berapa banyak pohon seluruhnya ? (skor maksimum 10)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar